Apakah Ada Kehidupan di Enceladus? Bulan Terbesar Keenam Saturnus Ini Memiliki Fosfor

- 18 Juni 2023, 16:15 WIB
Fosfor, blok bangunan langka untuk kehidupan ini, ditemukan di Enceladus.
Fosfor, blok bangunan langka untuk kehidupan ini, ditemukan di Enceladus. /NASA / JPL-Caltech / SSI / Kevin M. Gill

Indonesains - Fosfor sebelumnya belum pernah terdeteksi di lautan selain di Bumi dan penemuan ini memberikan langkah maju yang menjanjikan dalam pemahaman kita tentang dunia laut.

Enceladus, bulan terbesar keenam Saturnus, memiliki lautan air global.

Lautan ini terletak di bawah kerak es dan di atas inti berbatu di mana disipasi pasang surut diduga mendorong aktivitas hidrotermal.

Ada beberapa bukti yang menggambarkan bagaimana bahan yang mudah menguap dan terlarut dari inti batuan dipancarkan oleh kepulan dalam fase gas atau dimasukkan ke dalam partikel es.

“Kami sebelumnya menemukan bahwa lautan Enceladus kaya akan berbagai senyawa organik,” kata Dr. Frank Postberg, seorang ilmuwan planet di Freie Universität Berlin.

"Tapi sekarang, hasil kami mengungkapkan tanda kimiawi yang jelas dari sejumlah besar garam fosfor di dalam partikel es yang dikeluarkan ke luar angkasa oleh gumpalan bulan kecil," tuturnya. "Ini pertama kalinya elemen penting ini ditemukan di lautan di luar Bumi."

Fosfor dalam bentuk fosfat sangat penting untuk semua kehidupan di Bumi.

Sangat penting untuk penciptaan DNA dan RNA, molekul pembawa energi, membran sel, tulang dan gigi pada manusia dan hewan, dan bahkan mikrobioma plankton laut.

Hidup seperti yang kita tahu tidak mungkin tanpa fosfat.

Editor: Wawan Setiawan