Dunia Arkeologi: Selidik Tulang Berukir Berusia 115.000 Tahun dari China

- 8 September 2023, 13:00 WIB
Fragmen tulang temuan dunia arkeologi di China.
Fragmen tulang temuan dunia arkeologi di China. /Antiquity

Indonesains - Tim ilmuwan dunia arkeologi dari China dan Prancis pernah menemukan tulang berukir di China yang berusia 115.000 tahun. Fragmen tulang tersebut ditemukan di lokasi Lingjing di provinsi Xuchang, provinsi Henan, China.

Spesimen diperiksa oleh Dr. Francesco d'Errico dari Universitas Bordeaux dan Bergen dan rekan-rekannya dari China dan Prancis. Para peneliti dunia arkeologi mengungkapkan, bahwa tulang-tulang itu adalah fragmen tulang rusuk dari mamalia dewasa berukuran besar.

"Garis-garis pada salah satu fragmen tulang dibuat dengan titik yang sangat tajam, dan individu prasejarah sangat berhati-hati ketika mengukir lima baris pertama," kata peneliti. "Untuk meningkatkan visibilitas garis-garis berikutnya, pengukir menandainya menggunakan beberapa goresan," kata peneliti.

"Gabungan, bukti ini tidak mendukung interpretasi garis sebagai bukti aktivitas penjagalan atau perburuan, melainkan, ukiran fragmen tulang yang disengaja." Laporan temuan dunia arkeologi tersebut telah dipublikasikan dalam jurnal Antiquity yang dapat diakses bebas.