Dunia Astronomi: Inilah Bintang Katai Kuno yang Ditemukan Ilmuwan Warga

- 8 Agustus 2023, 07:00 WIB
Ilustrasi bintang katai kuno yang ditemukan ilmuwan warga.
Ilustrasi bintang katai kuno yang ditemukan ilmuwan warga. /Public Domain

Indonesains - Namanya adalah LSPM J0207+3331, sebuah bintang katai kuno yang ditemukan oleh ilmuwan warga dalam proyek Backyard Worlds: Planet 9 yang dipimpin Badan Antariksa Amerika Serikat (NASA). Bintang katai itu merupakan katai putih tertua dan terdingin yang diketahui, merupakan sisa-sisa bintang seperti matahari yang telah mati dan dikelilingi debu dan puing-puing.

Para astronom menduga mungkin bintang katai putih LSPM J0207+3331 itu, adalah katau putih pertama yang diketahui dikelilingi dengan puing-puing debu. Penemuan tersebut telah dipublikasikan dalam Astrophysical Journal Letters.

Penemu objek langit tersebut bernama Melina Thevenot dari Jerman yang terlibat dalam proyek NASA tersebut. Penemuan tersebut memaksa para peneliti untuk mempertimbangkan kembali model sistem planet dan dapat membantu kita belajar tentang masa depan dari tata surya kita.

Marc Kuchner, seorang ahli astrofisika di Pusat Penerbangan Luar Angkasa Goddard NASA yang memimpin proyek tersebut mengatakan saat pertama kali terlihat, Melina awalnya mengira itu objek katai coklat dingin, sesuatu yang sangat diminati proyek ini dan telah banyak berhasil diamati.