Ternyata Keanekaragaman Hayati Antarktika Tercipta dari Kotoran Penguin

- 3 Oktober 2023, 10:30 WIB
Kotoran penguin menjadi sumber keanekaragaman hayati di Antarktika.
Kotoran penguin menjadi sumber keanekaragaman hayati di Antarktika. /Pixabay

Indonesains - Hasil penelitian dari Departemen Ilmu Ekologi di Vrije Universiteit Amsterdam telah menemukan bahwa di semenanjung Antartika yang sunyi sepi, kotoran kaya nitrogen dari koloni penguin dan anjing laut ternyata memperkaya unsur tanah di sana dan membantu menciptakan hotspot keanekaragaman hayati di seluruh wilayah dan berpengaruh hingga lebih dari 1.000 meter di luar koloni.

Menerjang dinginnya Antartika yang jahat, para peneliti bermanuver melalui ladang kotoran hewan dan sekelompok anjing laut, gentoo, chinstrap, dan penguin Ad lie untuk memeriksa tanah dan tanaman di sekitar koloni itu.

Stef Bokhorst, seorang peneliti di Departemen Ilmu Ekologi di Vrije Universiteit Amsterdam mengatakan yang mereka lihat adalah bahwa kotoran yang diproduksi oleh anjing laut dan penguin sebagian menguap sebagai amonia, lalu, amonia itu diangkat oleh angin dan diterbangkan ke daratan, dan menyediakan nitrogen yang dibutuhkan produsen utama untuk bertahan hidup di lanskap tersebut.

Bahkan, proses ini memungkinkan amonia untuk memperkaya area hingga 240 kali ukuran koloni. Dan hasil dari pengayaan terhadap lumut yang berkembang pesat, yang pada gilirannya mendukung sejumlah besar invertebrata kecil, seperti kutu dan tungau.

Kita dapat menemukan jutaan dari mereka per meter persegi di sini, kata peneliti, tetapi di padang rumput di AS atau Eropa, hanya ada sekitar 50.000 hingga 100.000 per meter persegi. Butuh berbulan-bulan duduk di laboratorium menghitung dan mengidentifikasi mereka di bawah mikroskop. Dan dia mencatat bahwa melakukan perjalanan melalui suhu ekstrim Antartika jauh lebih disukai daripada tugas itu.

Pada akhirnya, lingkaran pengayaan nutrisi, yang dikenal sebagai jejak nitrogen, mengelilingi koloni. Tanpa diduga, para peneliti menemukan bahwa luas jejak sebuah koloni tidak ada hubungannya dengan seberapa dingin atau keringnya wilayah tersebut, tetapi sebaliknya sangat bergantung pada jumlah hewan yang ada.

Dengan menggunakan informasi ini, Bokhorst dan rekan-rekannya mampu memetakan hotspot keanekaragaman hayati di seluruh semenanjung. Yang penting, peta-peta ini dapat dengan mudah diperbarui menggunakan gambar satelit untuk menentukan lokasi dan ukuran koloni pembiakan, membebaskan peneliti masa depan dari keharusan untuk melakukan kerja lapangan. Ini adalah langkah penting untuk daerah seperti Antartika, yang ukurannya sangat besar, suhu yang sangat dingin, dan kehancuran total membuat penelitian di sana menjadi sulit.

Bokhorst mengatakan bahwa ancaman utama terhadap keanekaragaman hayati yang mereka amati adalah perubahan iklim dan aktivitas manusia. Komunitas invertebrata yang hidup di semenanjung mengalami pemangsaan yang sangat rendah, tetapi pengenalan spesies tanaman invasif, yang bijinya dapat dihembuskan dari Afrika Selatan dan Amerika Selatan atau dibawa oleh burung laut dan manusia.

Ke depan, penulis bertujuan untuk mengatasi masalah ini dengan meneliti peran spesies invasif di Kutub Utara dan Antartika. Tujuan utama adalah untuk menentukan apakah kegiatan penguin dan koloni benar-benar mempromosikan keberhasilan spesies penyerbu dan tindakan apa yang mungkin diambil untuk mencegah masuknya penyerang ke daerah-daerah yang tidak tersentuh ini di masa depan.

Sumber: Current Biology Vrije Universiteit