Fosil Dinosaurus Mengungkap Keanekaragaman Spinosaurid di Inggris

- 8 Juni 2023, 10:10 WIB
Fosil dinosaurus dari gigi spinosaur yang terisolasi menunjukkan keberagaman.
Fosil dinosaurus dari gigi spinosaur yang terisolasi menunjukkan keberagaman. /Davide Bonadonna

Indonesains - Fosil dinosaurus dari gigi spinosaur yang terisolasi dari East Sussex menunjukkan, bahwa beberapa garis keturunan spinosaur yang berbeda menghuni Inggris selama periode Cretaceous atau zaman kapur.

Spinosaurus adalah anggota Spinosauridae, keluarga menyimpang dari dinosaurus theropoda berbadan besar yang mencakup Spinosaurus raksasa. Dinosaurus ini dikenal dari Zaman Kapur Awal hingga Pertengahan di Afrika, Eropa, Amerika Selatan, dan Asia.

Mereka dicirikan oleh moncong yang memanjang dan terkompresi secara lateral; rahang panjang seperti buaya dan gigi berbentuk kerucut; dan, dalam subset spesies, layar tulang belakang saraf yang panjang.

"Spinosaurid adalah kelompok tak biasa dari theropoda tetanuran berbadan besar yang paling dikenal karena berbagai bukti yang menunjukkan spesialisasi ekologi semi-akuatik dan kontroversi terkait gaya hidup mereka," kata ahli paleontologi University of Southampton Chris Barker, yang gelar Ph.D.-nya berfokus pada spinosaurus Inggris selatan.

Baca Juga: Pencinta Gecko Wajib Tahu, Spesies Tokek Baru dengan 'Mata Psychedelic' Ditemukan di Australia

“Spinosaurid saat ini dikenal dari endapan Kapur dan memiliki distribusi spasial yang luas, dengan spesimen fosil penting berasal dari Inggris, Brasil, Afrika utara, Semenanjung Iberia, dan Asia Tenggara.”

“Klad umumnya dianggap terdiri dari saudara betina clades Baryonychinae (termasuk Baryonyx walkeri dari Inggris selatan) dan Spinosaurinae (termasuk di Spinosaurus aegyptiacus, pertama kali dideskripsikan dari Mesir meskipun sejak dilaporkan dari negara-negara Afrika utara lainnya).”

Namun, beberapa analisis dari fosil dinosaurus terbaru menunjukkan bahwa dukungan untuk dikotomi ini mungkin tidak sekuat yang diperkirakan sebelumnya.

“Bahan kerangka Spinosaurid jarang ditemukan, tetapi mahkota gigi yang dikaitkan dengan kelompok tersebut sering ditemukan,” kata para peneliti. “Banyak spesimen terisolasi telah dilaporkan dari Inggris dan negara lain.”

Sumber: Sci New Journal PeerJ