Hasil Penelitian: Minuman Bersoda Meningkatkan Risiko Kanker Usus

- 7 Juli 2023, 13:30 WIB
Ilustrasi kanker usus. Hasil penelitian menemukan bahwa minuman bersoda meningkatkan risikonya. /Pixabay

Indonesains - Hasil penelitian dari Baylor College of Medicine menemukan bahwa mengkonsumsi sirup jagung fruktosa tinggi meningkatkan risiko kanker usus dan mempercepat pertumbuhannya. Sirup jagung fruktosa umumnya digunakan dalam minuman bersoda sebagai pemanis.

Dr. Jihye Yun, asisten profesor genetika molekuler dan manusia di Baylor mengatakan, minum minuman dengan kandungan sirup jagung fruktosa tinggi dalam jumlah sedang setara dengan orang yang minum sekitar 12 ons minuman manis setiap hari dan jumlah tersebut sangat berlebihan.

Sejumlah hasil penelitian observasional, katanya, telah meningkatkan kesadaran tentang hubungan antara mengonsumsi minuman manis, obesitas, dan risiko kanker kolorektal (usus besar).

"Kita tahu bahwa obesitas meningkatkan risiko berbagai jenis kanker termasuk kanker kolorektal. Namun, kami tidak yakin apakah ada hubungan langsung dan kausal yang ada antara konsumsi gula dan kanker. Oleh karena itu, saya memutuskan untuk menjawab pertanyaan penting ini," jelas Yun.