Gegara Mutasi Gen, Tulang Ternyata Bisa Sekuat Ini

- 14 Agustus 2023, 22:11 WIB
Tulang Super Kuat
Tulang Super Kuat /Karya:Wavebreakmedia

INDONESAINS- Tulang adalah struktur kerangka manusia dan juga hewan yang menopang serta melindungi tubuh dari trauma yang merusak organ vital. Tulang manusia sangat kuat, dalam volume tulang 1 cm³, mampu menahan beban 525 kg. Dengan bantuan tulang, manusia bahkan bisa mengangkat beban 3-4 kali berat badannya.

Tulang manusia khususnya adalah benda padat yang berongga (kaselus). Tersusun dari sel-sel tulang (osteofit), membuat tulang sangat lentur, kuat dan tidak mudah patah. Namun kemampuan itu bisa menurun dikarenakan masalah kepadatan tulang yang berkurang karena osteoporosis (tulang keropos). Salah satu sebabnya adalah karena kekurangan zat kalsium.

Mutasi gen LRP5

Mutasi genetik adalah perubahan susunan protein (informasi genetik), yang berbeda dari kromosom orang normal. Ternyata osteoporosis melibatkan mutasi gen LRP5 yang bertanggung jawab mengkode densitas (kepadatan) tulang manusia, dan peneliti sudah banyak menemukan rendahnya densitas tulang dipicu mutasi LRP5. Sebaliknya ada kondisi yang sangat langka, yaitu tulang menjadi sangat kuat bahkan tidak terpatahkan dikarenakan kepadatannya melebihi manusia normal pada umumnya. Kondisi unbreakable bone ini juga dikarenakan mutasi gen LRP5.

Lifter with strong bone
Lifter with strong bone Karya:simonkr
Pada 1994, ada kecelakaan mobil yang melibatkan seorang pria, Mr. X, trauma ini seharusnya cukup parah namun pria itu baik-baik saja. Dia dirujuk ke ahli radiologi Karl Insognia, Yale Bone Center. Hasilnya, tulang dia menunjukkan kepadatan yang luar biasa dibanding pria pada umumnya (setara 8x tulang orang normal), bayangkan jika benar seperti itu tulang manusia bisa menerima tekanan 4000 kg (4 ton) dalam 1 cm³ nya. Masuk akal?

Setelah 6 tahun berlalu, dokter menemukan kasus unik lain dengan karakteristik tulang yang sama kuatnya, ketika ditelusuri silsilahnya, ditemukan bahwa kelainan itu berhubung dengan Mr. X yang pernah kecelakaan mobil tahun 1994 itu. Peneliti secara spesifik akhirnya melakukan test pada lingkup keluarga besarnya.

Melalui sampel darah yang diambil dari 20 anggota keluarga besar itu lalu dilakukan pemetaan masing-masing DNA, ditemukan mutasi gen di LRP5 yang menyebabkan tulang 'unbreakable'. Dengan landasan mutasi ini, peneliti akan mengungkap bagaimana cara mengatasi osteoporosis dengan melakukan rekayasa genetik.

Osteoporosis vs Tulang Super
Osteoporosis vs Tulang Super Karya:CreVis2
Gen Homeobox  (DLX3)

Ada kondisi lain yang ditemukan oleh peneliti di North Carolina. Mereka mengklaim menemukan mutasi genetik pada keturunan kapten laut asal Skotlandia yang membuat tulang sekeras besi, namun sayangnya diikuti gigi yang rapuh. Riset pengobatan osteoporosis, secara tidak sengaja menemukan hal ajaib ini.

Dokter menyebutnya sebagai sindrom TDO (tricho dento osseus), yang mempengaruhi beberapa ribu orang di seluruh dunia. Sindrom ini menyebabkan tulang sangat padat, sehingga tahan terhadap kecelakaan mobil sekalipun. Hasil penelitian pada keluarga di North Carolina ini menunjukkan adanya mutasi gen pada kromosom nomor 17.

Editor: Setyo Ari Cahyono