Dinosaurus Predator Besar Tertua di Dunia Berasal dari Pegunungan Alpen

- 23 Juni 2023, 10:30 WIB
Saltriovenator zanellai, dinosaurus predator besar tertua di dunia.
Saltriovenator zanellai, dinosaurus predator besar tertua di dunia. /Natural History

Indonesains - Harus diakui bahwa dinosaurus predator Jurassic awal sangat langka, dan sebagian besar berukuran kecil kecuali Saltriovenator zanellai. Spesies ini adalah dinosaurus predator besar tertua di dunia yang berasal dari Pegunungan Alpen.

Detail Saltriovenator zanellai telah dijelaskan dalam jurnal peer-review PeerJ, Jurnal Ilmu Kehidupan dan Lingkungan oleh ahli paleontologi Italia.

Spesimen itu adalah milik Dinosaurus predator terbesar dunia (satu ton) dari tahap Sinemurian atau periode Jurassic awal sekitar 198 juta tahun yang lalu, seperti dilansir laman Science Daily.

Spesimen unik ini, yang juga merupakan dinosaurus Jurassic pertama dari Italia, secara tidak sengaja ditemukan pada tahun 1996 oleh seorang fosil amatir di sebuah tambang dekat Saltrio, sekitar 80 km sebelah timur laut Milan.