Inilah Burung Pertama di Dunia yang Hidup Bersama Dinosaurus

- 30 Juni 2023, 10:10 WIB
Archaeopteryx sekarang dapat secara konklusif terbukti sebagai burung pertama di dunia. /Eurekalert

Indonesains - Namanya adalah Archaeopteryx, yang saat pertama kali ditemukan kemudian dikenal sebagai burung pertama di dunia. Penemuan fosil mendukung statusnya sebagai fosil peralihan antara burung dan dinosaurus.

Para ahli telah mengungkap, dan memberikan bukti yang dapat menunjukan evolusi antara burung dan dinosaurus yang memiliki gigi dan cakar.Temuan tersebut bertolak belakang dengan beberapa penelitian sebelumnya, Archaeopteryx sekarang dapat secara konklusif terbukti sebagai burung pertama di dunia.

Hasil penelitian tersebut telah diterbitkan dalam Jurnal Historical Biology seperti dilaporkan Eurekalert. Jurnal tersebut dipublikasikan dengan judul "The first specimen of Archaeopteryx from the Upper Jurassic Mörnsheim Formation of Germany."

Para peneliti menggunakan analisis 3D X-ray canggih (mikrotomografi Sinkrotron) yang secara virtual dapat membedah fosil dan mengidentifikasi adaptasi tulang yang membuat Archaeopteryx albersdoerferi dapat terbang. Fosil tersebut setelah lebih dari 7 tahun diakui sebagai spesies baru, saat ini telah dapat diidentifikasi.